Senin, 14 Februari 2011

Metode Prototype

Prototype


       Prototyping merupakan salah satu metode pengembangan perangat lunak yang banyak digunakan.
Dengan metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem.
Seing terjadi seorang pelanggan hanya mendefinisikan secara umum apa yang dikehendakinya tanpa menyebutkan secara detal output apa saja yang dibutuhkan, pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan. Sebaliknya disisi pengembang kurang memperhatikan efesiensi algoritma,  kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia dan komputer.


       Untuk mengatasi ketidakserasian antara pelanggan dan pengembang , maka harus dibutuhakan kerjasama yanga baik diantara keduanya sehingga pengembang akan mengetahui dengan benar apa yang diinginkan pelanggan dengan tidak mengesampingkan segi-segi teknis dan pelanggan akan mengetahui proses-proses dalm menyelasaikan sistem yang diinginkan. Dengan demikian akan menghasilkan sistem sesuai dengan jadwal waktu penyelesaian yang telah ditentukan.


       Kunci agar model prototype ini berhasil dengan baik adalah dengan mendefinisikan aturan-aturan main pada saat awal, yaitu pelanggan dan pengembang harus setuju bahwa prototype dibangun untuk mendefinisikan kebutuhan. Prototype akan dihilangkan sebagian atau seluruhnya dan perangkat lunak aktual aktual direkayasa dengan kualitas dan implementasi yang sudah ditentukan


Tahapan-tahapan Prototyping


       Tahapan-tahapan dalam Prototyping adalah sebagai berikut:


       1. Pengumpulan kebutuhan
      Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak mengidentifikasikan semua kebutuhan, dan garis besar sistem yang akan dibuat.


       2. Membangun prototyping
           Membangun prototyping dengan membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyaji  kepada pelanggan (misalnya dengan membuat input dan format output)


       3. Evaluasi protoptyping
           Evaluasi ini dilakukan oleh pelanggan apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginann pelanggan. Jika sudah sesuai maka langkah 4 akan diambil. Jika tidak prototyping direvisi dengan mengulangu langkah 1, 2 , dan 3.


       4. Mengkodekan sistem
             Dalam tahap ini prototyping yang sudah di sepakati diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang sesuai


       5. Menguji sistem
           Setelah sistem sudah menjadi suatu perangkat lunak yang siap pakai, harus dites dahulu sebelum digunakan. Pengujian ini dilakukan dengan White Box, Black Box, Basis Path, pengujian arsitektur dan lain-lain


       6. Evaluasi Sistem
           Pelanggan mengevaluasi apakah sistem yang sudah jadi sudah sesuai dengan yang diharapkan . Juka ya, langkah 7 dilakukan; jika tidak, ulangi langkah 4 dan 5.


       7. Menggunakan
 Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan .



Keunggulan prototyping adalah:
       1. Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan
       2. Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan
       3. Pelanggan berperan aktif dalam pengembangan sistem
       4. Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem
       5. Penerapan menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya.


Kelemahan prototyping adalah :
       1. Pelanggan kadang tidak melihat atau menyadari bahwa perangkat lunak yang ada
           belum mencantumkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dan juga belum
           memikirkan kemampuan pemeliharaan untuk jangja waktu lama.


       2. penegmbang biasanya ingin cepat menyelesaikan proyek. Sehingga menggunakan
           algoritma dan bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat prototyping
           lebih cepat selesai tanpa memikirkan lebih lanjut bahwa program tersebut hanya
           merupakan cetak biru sistem .


       3. Hubungan pelanggan dengan komputer yang disediakan mungkin tidak
           mencerminkan teknik perancangan yang baik


Prototyping bekerja dengan baik pada penerapan-penerapan yang berciri sebagai berikut :


       1. Resiko tinggi Yaitu untuk maslaha-masalah yang tidak terstruktur dengan baik, ada
           perubahan yang besar dari waktu ke waktu, dan adanya persyaratan data yang tidak
              menentu.


       2. Interaksi pemakai penting . Sistem harus menyediakan dialog on-line antara
           pelanggan dan komputer.


       3. Perlunya penyelesaian yang cepat


       4. Perilaku pemakai yang sulit ditebak


       5. Sitem yang inovatif. Sistem tersebut membutuhkan cara penyelesaian masalah dan
           penggunaan perangkat keras yang mutakhir


       6. Perkiraan tahap penggunaan sistem yang pendek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar